makanan khas kota pariaman

Untuk berpergian kita memerlukan tenaga untuk itu, karena hal itu di setipa tempat wisata ada tempat menjajakan makanan. Para penjaja makanan akan berebut unntuk menarik mpara wisatawan agar membeli makanan yang dijual dengan menjajakan berbagai jenis makanan khas daerah tersebut.

untuk di kawasan Kota Pariaman ada beberapa makan yang menarik untuk dicicip, dan jika tidak mencobanya maka akan dipastikan akan merasa rugi.

ini beberapa kuliner yang dapat membuat kita tidak berhenti makan apa bila sudah mencobanya.

1. SALA LAUAK



Sala Lauak merupakan kuliner khas dari Pariaman sejak dulunya. Kalau Dunsanak sedang berwisata di Kota Pariaman, Dunsanak bisa menjumpai makanan yang terbuat dari tepung dipadu dengan bumbu dan rempah ini di sepanjang Pantai Gandoriah. Tidak sulit menemukannya.
apa lagi saat dunsanak mencobanya saat baru di angkat dari penggorengan. dan apa bila Dunsanak ingin fariassi lain maka Dunsanak dapat mencampurnya dengan ikan asin yang telah dicincang kecil-kecil dan dicampur dalam adonan.

2. NASIK SEK



SEK merupakan singkatan dari Seribu Kenyang. Karena dulunya nasi SEK memang dijual murah serta mengenyangkan. Tapi itu dulu, sebelum negara api menyerang 😀
Kini tak ada yang berubah sih dengan Nasi SEK, baik penyajian maupun lauk pauknya masih sama, yang berubah hanya tarif saja. Untuk menikmati Nasi SEK cukup datang ke Pantai Gandoriah, karena disana banyak warung-warung makan yang menyediakannya.
Dunsanak dapat menikmati nasi SEK di tepi pantai ditemani dengan bermacam-macam jenis gulai dan sambal yang disediakan.

3. SATE PARIAMAN




Sate Pariaman adalah salah satu kuliner khas pariaman yang terkenal sejak dulu. Sate Pariaman sendiri sedikit berbeda dengan Sate Padang atau Sate di daerah lain di Sumatera Barat. Kuahnya biasanya lebih merah dan rasanya yang lebih pedas. Hot!

4. GULAI KAPALO LAUAK (GULAI KEPALA IKAN)


Bagi Dunsanak yang benar-benar menyukai kuliner menu yang satu ini pantang dilewatkan jika berkunjung ke Kota Pariaman. Karena gulai kapalo lauak ini terbuat dari kapala ikan tuna (bisa juga ikan lainnya) segar, dipadu dengan kuah santan yang kental. Rasanya.. beuh, nikmat!
Untuk menikmati menu yang satu ini tidak sulit kok, karena hampir setiap rumah dan warung makan di Kota Pariaman menyediakan menu ini.

6. ANEKA MACAM RAKIK




Salah satu kuliner khas dari Pariaman adalah ‘rakik’ atau  'akik'. Rakik terbuat dari adonan tepung yang bisa dicampur dengan berbagai hasil laut seperti ikan, udang dan lain-lain. Rakik dibuat dengan cara digoreng sehingga hasilnya berbentuk seperti kerupuk dan memiliki rasa yang gurih.

7. KATUPEK GULAI TUNJANG (KETUPAT GULAI KIKIL) PASAR KURAI TAJI


ka Dunsanak mencari Katupek Gulai Tunjang, maka los lambuang (tempat makan -red) di Kurai Taji, Kota Pariaman adalah tempatnya. Karena Katupek Gulai Tunjang di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini sudah terkenal sejak dulunya.
Apalagi memasuki bulan ramadhan, maka yang paling diburu masyarakat untuk berbuka di Los Lambuang Pasar Kurai Taji ini adalah Katupek Gulai Tunjang.
Jadi gimana? Kapan ke Pariaman Dunsanak? 😀

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Katupek Pitalah Gulai Nangka- Ketupat sayur

ayo main ke dharmasraya!!!